eureka time !! bajaj penyebab utama kemacetan lalu lintas ...

Tahukah anda penyebab utama kemacetan lalu lintas jakarta? Bajaj... Tahukah kenapa Bajaj menjadi penyebab kemacetan lalu lintas? Karena sodara sodari sekalian, bajaj ternyata ....

tidak bisa mundur !!!!!!

busway?noway?yesway? idon'tknowwhy


pagi ini seperti biasa naik bis jurusan 905, dan seperti biasa turun di lampu merah samping kelasku. eh bukan, samping masjid kantorku.
nah, sampai di senen, koq, ini bus merayap?tidak seperti biasanya sekitar pukul 06.35 harusnya selepas  flyover senen bus ini akan berhenti di pasar senen dan kemudian tancap gas.
olala, ternyata sedang terjadi pembangunan jalur bus transjakarta yang memakan 4 jalur dari 8 jalur yang tersedia. wow !!
sempat terkeluh (iki bosone apa ya?) kalo seperti ini terus, memang musti segera mencari tunggangan alias glidigan untuk bergerak dari kos ke kantor pp.
duh, jadi inget joni aka joni alfonse romeo II.......

efek visual dan efek suara yang aneh (tm)

weekend ini, iseng ndak iseng memperhatikan tayangan di beberapa stasiun televisi, terutama apalagi kalau bukan sinetron :p genre sinetron di stasiun-stasiun televisi swasta Indonesia, secara garis besar terdiri atas : 1. sinetron drama / keluarga 2. sinetron religi 3. sinetron laga 4. sinetron komedi 5. sinetron remaja dari berbagai sinetron tersebut, saya mendapati hanya dua yang memiliki sound effect dan musik pengiring yang patut diacungi jempol, yaitu sinetron arisan dan bajaj bajuri. dan yang paling patut ditertawakan adalah sinetron laga. bagaimana tidak, saya menonton dua sinetron laga dalam waktu yang bersamaan, found it bit of irritating mendengar (dan melihat) efek musik dan suara yang sama saja. khusus untuk sinetron laga, jika diperhatikan lebih seksama, ada kemajuan dalam efek animasi yang dipertunjukkan. sangat disayangkan bahwa integrasi animasi komputer dengan film tidak berjalan dengan baik, misalnya animasi mahluk buas ataupun monster. mm, lagi-lagi ada kecenderungan berlebihan dalam penggunaan computer-generated effect misalnya dalam adegan pertarungan pedang dan adu ilmu kesaktian (sering merasa terganggu dengan kilatan cahaya pedang dan bola-bola sinar?)

tsunami vs ferrari

barusan nonton kembali rekaman tsunami aceh. dan teringat bahwa masih banyak kampung tenda disana. nah, cilakanya ingatan langsung nyambung ke liputan jalan-jalannya klub ferari-maserati ke rancaaya (CMIIW) di salah satu tv swasta beberapa hari lalu. salah gak sih kalo tiba-tiba saya nyesek? tak kurang dari selusin ferari sama maserati yang ikutan. ah, gimana indonesia bisa dapet pengurangan utang dalam skema multilateral debt relief initiative ataupun heavily indebted poor countries initiative, sedangkan perwakilan bank dunia-imf di jakarta bisa menyaksikan jalan-jalannya klub tersebut?

transport tycoon anyone ?

mari kita lengkapi keluh kesah tentang kondisi lalu lintas di jakarta. tepatnya, kita sudahi :)) kesemuanya bermuara pada, apakah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? berbekal pengalaman memainkan transport tycon (yup, PC game saudara-saudari yang berbahagia), maka ada beberapa hal yang ingin saya ungkapkan, yang syukur-syukur merupakan jalan keluar problem lalu lintas dimaksud. 1. materi diklat untuk pegawai departemen/dinas perhubungan dan instansi terkait perlu ditambah dengan sesi bermain game transport tycon (atau simtrans). jika ada yang menganggap ide ini bodoh, saya akan memberikan penjelasan. pertama, para pengambil kebijakan dibidang transportasi perlu memiliki kemampuan analisis yang mumpuni, serta kepekaan terhadap perubahan sosial. keterbatasan jangkauan pandangan adalah penghambat dari peningkatan kemampuan tersebut. maka dengan bermain simulator tsb beliau-beliau akan dilatih untuk melihat permasalahan dari sudut pandang lain, dan secara menyeluruh. bird view/table top management yang ditawarkan oleh simulator tsb sangat bagus untuk meningkatkan daya nalar atas problem lalu-lintas dan pemecahannya. yang kedua, jika ada yang tertarik, bisa saja dibuat simutrans untuk transportasi di indonesia, yang bisa menjadi semacam simulator pengambilan kebijakan.adanya modeling dan simulator akan memudahkan perencanaan pengembangan sektor transportasi 2. dari berbagai diskusi kelas trotoar/biskota/dsc, terungkap ide untuk segera menerapkan pajak progresif untuk kendaraan bermotor. syaratnya, harga kendaraan bermotor harus terjangkau oleh kalangan menengah-kebawah, dan disisi lain pajaknya semakin lama akan semakin mahal sehingga akan lebih murah membeli baru. hal ini berdampak pada keuntungan pihak kon sumen dan produsen, namun perlu mencermati dam-pak lingkungan yang timbul jika terjadi pembuangan mobil bekas. 3.moda transportasi air seharusnya dikembangkan dengan sungguh-sungguh, mengingat wilayah Indonesia yang 60% adalah perairan. ..nyambung...